Perut Kembung, MengapaTerjadi?


Perut kembung dapat disebabkan oleh masuk angin (aerophagia) atau karena usus membuat banyak gas. Pada kebanyakan kasus, perut kembung tidak berbahaya dan disebabkan oleh pola makan yang buruk. Makan terburu-buru menyebabkan produksi gas usus lebih banyak dari biasanya. Jenis makanan/minuman tertentu seperti minuman bersoda, kopi, ubi jalar, durian, kubis, nangka, duren, buah mengkal, makanan terlalu berlemak atau terlalu manis dapat menyebabkan perut kembung. Stres dan kecemasan juga bisa mengakibatkan perut kembung.
Pada kasus yang jarang, perut kembung dipicu oleh alergi/intoleransi obat dan makanan serta penyakit seperti dispepsia, gangguan pankreas, dan sembelit.

Baca Juga: Mandiri InHealth vs BPJS Kesehatan

TERAPINYA :

> Makanlah jenis makanan yang mudah dicerna. Hindari berlebihan mengonsumsi makanan seperti bawang, kubis, buah mentah/mengkal, ubi jalar, kopi, cokelat, dan goreng-gorengan.
> Hindari terlalu banyak mengonsumsi kopi dan minuman bersoda.
> Lakukan olah raga ringan. Gerakan olahraga merangsang pergerakan usus. Cobalah setidaknya berjalan-jalan ringan seusai makan.
> Lakukan pengobatan di rumah seperti menempelkan botol berisi air hangat ke perut atau menggosokkan balsam dan minyak gosok . Mengerik (kerokan) dengan bawang merah dan minyak kelapa asli sebagai pelumasnya dapat membantu mengeluarkan gas dari perut dengan memperlebar pori-pori kulit, serta ada efek relaksasi
> Parut jahe merah 1 ibu jari lalu seduh dengan air panas 1 gelas campur gula aren 100 gram dan 1 sendok teh kapulaga ditumbuk halus, minum setiap 2 jam.
> lakukan kop kering pada area belikat, paru paru dan lambung.
semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Alternatif IDFL

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri