Tanya Jawab dan Cara Maksimalkan Fitur Gold Merchant Tokopedia


Bagi yang masih bingung tentang Gold Merchant Tokopedia atau bahkan sudah ada yang Gold Merchant tapi belum maksimal hasilnya. Berikut hasil diskusi dan tanya jawab seputar Gold Merchant Tokopedia.
Untuk fitur Gold Merchant (GM) ini akan terus diupdate seiring kebutuhan dan pekembangan user tentunya.

Menurut kak arie tokopedia, di Bulan November kemarin toped baru merilis fitur Statistik Toko. FYI, fitur tersebut memang fitur yang sebelumnya diminta oleh beberapa merchant loh. Jadi setiap saran yang disampaikan oleh user pasti akan dipertimbangkan oleh manajemen toped.

Baca Juga: Lazada vs Tokopedia

Tanya Jawab dengan Kak Arrie.
Q: Hak akses user di toped bagi yang memiliki admin lebih dari 1 dalam 1 akun.
A: Pada gold merchant, setiap User memiliki hak akses yang dapat Anda tentukan yaitu akses Inbox, Kelola Toko, dan Transaksi.

Namun, hanya Pemilik Toko yang dapat mengkases dana yang masuk dari seluruh transaksi pada toko. Jadi, dana Anda akan selalu aman, walaupun banyak user yang mengelola toko Anda. Admin toko dibuat dengan tujuan EFISIENSI pekerjaan dengan mendelegasikannya pada orang lain, sehingga owner dari toko bisa mengerjakan hal lain terkait dengan usaha onlinenya

 Baca juga: Mitra Bukalapak vs Mitra Tokopedia

Q: Apakah laporan penjualan bisa di download perbulan (khusus GM)?
A: Laporan penjualan per bulan bisa didapatkan dari fitur statistik toko. Selain laporan dari statistik toko. Saat ini Toppers juga bisa men-download laporan penjualan HARIAN yang lebih detail di daftar transaksi.

Dalam laporan yang diterima akan terlihat detail dari tiap2 transaksi seperti alamat tujuan, ongkos kirim, nomor invoice, dll.

Q: Kenapa saat search toko di halaman home tokopedia, gold merchant bukan muncul di urutan awal? Malahan bukan gold merchant yang bisa diatasnya gold merchant
A: Hal itu terjadi karena pencarian toko melalui search engine tokopedia menggunakan algoritma relevansi dari kata kunci. Bukan berdasarkan tipe merchant.

Jadi untuk meningkatkan visibilitas produk kita di toped harus pinter-pinter pilih kata kunci agar semakin sering muncul. :)

Q: Saya tidak merasakan penjualan yang meningkat setelah menjadi Gold Merchant. Apa yang mampu membuat saya lebih tertarik untuk berlangganan kembali gold merchant ?
A: Pada dasarnya, saat fitur Gold Merchant dirilis tujuan utama dari fitur ini adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari para Merchant di Tokopedia.

Analoginya seperti ini: Ibaratkan Gold Merchant itu adalah sebuah senjata api yang canggih dan Regular Merchant adalah handgun biasa.
Secanggih2nya senjata tidak akan bisa melumpuhkan lawan apabila penggunanya tidak mengoptimalkan senjata tersebut. Teknik marketing yang luar biasa tidak akan bisa berhasil apabila tidak ada kreatifitas dan ide2 dari sang penggunanya. Marketing itu bulls**t tanpa adanya ide dan kreatifitas. Jadi anggaplah Gold Merchant adalah sebuah marketing tools ya.

Q: Berapa % kah patokan tingkat konvensi yg bs di anggap BAGUS ?
A: Konversi yang dianggap BAGUS itu sebenernya Belum Ada lebih tepatnya. Namun, merujuk pada beberapa artikel mengenai e-commerce pada umumnya. Conversion Rate untuk E-commerce itu berkisar 2-5%. Itu adalah rata2 ya bukan yang paling bagus.

Apakah ada conversion rate sampai 50%? Saya bisa bilang ada. Karena namanya bisnis kan pasti naik turun. Pada musim hujan kemarin saya pernah diperlihatkan sebuah toko yang tingkat konversinya tinggi sekali karena memang beliau baru buka toko dan kebetulan bisa memiliki produk jas hujan yang harganya bersaing. Sehingga konversinya tinggi.

Perlu diingat bahwa, setiap kategori memiliki avearge converstion rate yang berbeda2. Pada produk yang niche conversiton rate mungkin agak besar. Karena saingannya sedikit dan produknya memang sulit diperoleh. Untuk produk yang banyak dijual orang kemungkinan besar conversion ratenya rendah karena PEMBELI memiliki waktu untuk membanding-bandingkan denga produk dari toko lain sebelum memutuskan beli.

Q: Apakah kalau sudah menjadi gold merchant, bs mendapatkan fasilitas promot otomatis dari tokopedia?
A: Setelah berlangganan Gold Merchant, Toppers hanya bisa menggunakan TopAds untuk mempromosikan produk melalui Desktop. Namun, untuk promosi gratis tiap jam masih bisa dilakukan via Aplikasi baik Android dan Apple.

Q: Setelah menggunakan topads produk dilihat meningkat tapu penjualan tidak meningkat. Apa ada yang salah?
A: Mungkin ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Yaitu..
Pengalaman calon pembeli saat masuk ke halaman produk. Terlalu banyak hal yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti harga, tampilan foto, deskripsi, ulasan, dan lain-lain. Jadi mhon untuk diptimalkan juga "pengalaman" pembeli saay masuk ke halaman produk Anda :)

Q: Bagaimana memaximalkan fitur gold merchant, sehingga penjualan bisa meningkat drastis?? Hehe karena penjualan masih tak terlalu signifikan bedanya, sehari msh d angka 4-8 paket aja.
A: Menjawab pertanyaan ini sepertinya sama dengan yang di atas yaa yaitu mengoptimalkan seluruh fitur yang ada di GM. Yaitu:

1. Branding:
- Gold Badge membuat toko Anda jadi berbeda dengan yang lain
- Cover Toko: Bisa digunakan menjadi banyak hal seperti pencitraan, menunjukkan identitas, komunikasi langsung dengan customer, menetapkan segmen pasar dll. Bisa lihat contoh2nya sendiri di Tokopedia banyak yang sangat kreatif seperti salah satu peserta di sini yang menggunakan cover toko untuk pencitraan karena foto dengan CEO Tokopedia. Hal tsb bisa meningkatkan trust pembeli kan? Sama kaya restoran yang majang foto artis
- TopAds Toko bisa digunakan sebagai BRANDING! Kenapa? Karena dengan TopAds Toko, Toko Anda dapat tampil di halaman pertama Tokopedia sehingga bisa meningkatkan eksistensi dari toko

2. Efisiensi
- Efisiensi dalam waktu dan pekerjaan. Dengan TopAds sistem promosi lebih efisien karena kita tidak perlu mengklik promo tiap jamnya karena bisa diatur otomatis. Dengan Admin Toko kita bisa mengerjakan pekerjaan lain dengan mendelegasikannya pada Admin Toko.

3. Evaluasi dan Strategi
- Evaluasi bisa dilakukan dengan baik dengan Statistik Toko dan Laporan penjualan harian. Dengan analisa yang baik kita bisa mengatur proyeksi penjualan, manajemen stok, dll. Statistik pasti berguna kalo penjualan sudah berjalan.

Sekian pembahasan tentang Gold Merchant. Semoga bermanfaat buat temen-temen. :)

Comments

  1. Bermanfaat Gan, thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. Kak pengaruh jumlah biaya per klik top ads dmn y?

    ReplyDelete
  3. Sungguh mncerahkan, jd tidsk berminat gold merchant, selsms merchant reguler pandai menggunakan kata kunci dan strategi promote, bisa diatas gold merchsnt posisi pencarianya

    ReplyDelete
  4. ulasannya mencerahkan. mau tanya gan, seandainya kita ikut gold merchant, tetapi hasilnya kurang maksimal. apakah ada fasilitas kembali ke regular merchant ?
    Mohon pencerahkan. Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alamat Alternatif IDFL

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri