Seputar Download di Torrent


Saya akan mencoba menerangkan seluk beluk mencari file di torrent, dengan bahasa yang sesederhana mungkin. Yang sudah paham, ingin menambahkan, silahkan edit filenya, ga usah kebanyakan protes. Sumbang sedikit ilmu kenapa. Bahasa yang saya gunakan akan ada istilah dalam bahasa Inggris, jadi jika tidak mengerti, luangkan sedikit waktu Anda untuk mencarinya di google, usahakan Anda bisa mandiri.

APA ITU TORRENT?
Torrent adalah sarana berbagi file antar pengguna internet secara langsung, tanpa melalui sebuah server seperti hostgator, rapidshare dan macam-macam lainnya.
Atau dikenal dengan P2P share. P2P singkatan dari peer to peer.
Cara berbaginya adalah, software torrent, mengunduh sebuah file dengan membaginya menjadi bagian-bagian kecil (chuncked), lalu nanti akan digabungkan secara otomatis di dalam software itu, hingga menjadi sebuah 1 bagian file yang utuh.

Karena sifatnya yang peer to peer, dari user ke user langsung, maka kecepatan dan ketersediaan sebuah file, sepenuhnya tergantung dari berapa banyak yang menyediakan file itu di internet (seeder). Mereka yang mengunduh, disebut dengan istilah leecher. Jika perbandingan antara seeder dan leecher, lebih besar seeder, maka kecepatan bisa menjadi sangat tinggi. Seberapa tinggi? Setinggi bandwidth yang Anda sewa dari provider Anda. Katakanlah Anda menyewa IndieHome dengan paket 10 Mbps (Mega bit per second), maka kecepatan mungkin saja bisa full hingga 10 Mbps. Walaupun faktor yang mempengaruhi banyak, dan kita tidak akan membahas itu disini. Yang pasti kecepatannya bervariasi.
Salah satu variannya, kecepatan komputer yang menjadi seeder itu sendiri. Dan jumlah leecher yang ada.

Keunikan dari software torrent adalah, seorang leecher juga otomatis membagi filenya dengan komputer lain di dunia sebelah sini di internet. Dengan kata lain, seorang leecher juga berfungsi sebagai seeder.

BAGAIMANA MENGUNDUH (DOWNLOAD) FILE DARI TORRENT?
 Anda membutuhkan software torrent. Yang paling umum dan paling mudah digunakan adalah uTorrent dan BitTorrent. Unduh softwarenya terlebih dahulu, lalu lakukan instalasi di komputer Anda, ikuti langkah-langkah yang dituntun dari software tersebut, hingga instalasi selesai.

Setelah selesai, maka komputer Anda siap membuka file berekstensi .torrent. Jangan bingung dulu, baca terus petunjuk ini.
Mampirlah ke situs penyedia jasa torrent. Kat.cr, seventorrent.xyz, Torrentz.eu dan lain-lain. Carilah file yang Anda kehendaki, lalu ikuti linknya.

Setelah Anda menemukan file yang Anda cari, klink link yang tersedia, lalu klik download torrent, atau klik icon magnet. Jika Anda mengklik download torrent, maka nanti server akan memberikan file berekstensi .torrent (abc.torrent misalnya), yang akan terunduh secara otomatis. Setelah terunduh, double click atau single click pada file torrent (tergantung Anda sedang dimana). Single click jika Anda menggunakan Google Chrome. Jika menggunakan Firefox, tekan Ctrl+J atau klik icon strip 3 di paling kanan atas, lalu klik download. Disana akan muncul daftar file yang baru saja Anda download, double klik pada file yang Anda kehendaki. Software torrent Anda akan aktif, lalu arahkan akan Anda simpan dimana filenya.

Jika anda mengklik icon magnet, maka software torrent Anda akan langsung aktif, Anda tinggal mengarahkan mau disimpan di folder mana file yang akan Anda unduh (video, audio).
Tunggu sesaat, software torrent akan terhubung ke peer yang ada. Software sedang mengunduh jika muncul progress bar dengan tulisan Downloading. Jika sedang tidak ada seeder, maka akan muncul tulisan Connecting to Peers ...

KESULITAN DALAM TORRENT
 Internet saya aktif, tapi tidak ada tanda-tanda sedang mengunduh.
Itu berarti seeder di bagian sebelah sana internet, sedang tidak aktif. Anda bisa menunggu. Saya pernah mengunduh sebuah file hingga 1 bulan baru selesai, karena memang seeder sangat sedikit jumlahnya.

Jika Anda tidak sesabar saya, silahkan cari file lain yang mirip dengan seeder lebih banyak. Jika tidak ketemu, berarti memang sedang tidak ada di komputer manapun di dunia ini. Anda belum beruntung.
File yang saya unduh tidak bisa diplay / dibuka.
Dalam proses pengunduhan, kemungkinan terjadi corrupt pada penulisan di harddisk Anda. Yang bisa Anda lakukan, mengulang proses pengunduhan. Cari sumber yang lebih terpercaya.

Sementara itu dulu yang bisa saya bagikan. Lain-lain akan ditambahkan jika sempat dan sedang ingat.


Btw, klo anda butuh jasa download bisa dateng kesini, super murah!

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Alternatif IDFL

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri