Jenis-Jenis File Video di Internet


Ada banyak jenis file di internet, khususnya torrent. Ada .avi, ada .mkv, ada pula .mp4. Belum lagi ada kode-kode etrg, eztv, rarbg. Masih belum cukup puyeng, ditambah lagi 1080p, 720p, webDL, HDTS, apa sih itu maaakkk???

Tenang, jika emak Anda sama dengan emak saya, engga ngerti komputer, dan boro-boro ngerti torrent, biar Anda tereak, emak Anda paling cuma bengong dengan hati pilu, anakku kenapa ya?
Maka yang harus Anda lakukan, baca doc ini sampe habis. Kalo masih tereak juga, coba cek jempol kaki Anda, mungkin lagi kejepit kursi.

Baca juga: Bluray vs WebDL

Mari kita bahas jenis-jenis file video. Tentunya sekali lagi, dengan bahasa yang paling sederhana yang bisa saya jelaskan. Sip, udah siap? Mari dimulai.
File video mempunyai beberapa istilah penting.

CONTAINER
Container, artikan saja sebagai wadah. Jika sebuah wadah, bisa diisi beberapa macam kue, maka seperti itulah container. Sebuah container video, berisi file video (gambar bergerak), audio (suara) dan/atau subtitle (teks terjemahan)
Untuk bisa dimainkan di komputer atau smartTV Anda, sebuah container harus mempunyai format yang dikenali.

Hingga saat ini, yang umum, adalah Matroska (.mkv) ; MP4 (.mp4 / .m4a) ; Quicktime (.mov / .qt) ; Real Media ( .rmvb ) ; Advanced System Format (.asf / .wmv / .wma) ; AVI ( .avi) ; DivX Media (.divx) dan masih banyak lagi. Akan tetapi yang paling banyak digunakan oleh para ripper (sebutan orang yang membajak sebuah karya film atau lagu) adalah yang saya sebutkan di atas. Yang lain, silahkan belajar sendiri ya.

ENCODING
Encoding pada dasarnya sebuah kumpulan aturan secara digital untuk menyandikan sebuah informasi. Informasi bisa berupa kata, gambar, suara, gerakan. Kita batasi suara, gambar dan kata (teks).
Kenapa perlu aturan? Agar komputer bisa menerjemahkan informasi itu menjadi sebuah pesan yang bisa kita terima. Bayangkan kalo sebuah film sepanjang 2 jam, yang keluar di layar komputer Anda cuma angka 1 dan 0 (binary), atau suara cuma cuitan yang tidak Anda mengerti.

Encoding audio yang saat ini umum digunakan adalah :
MPEG, MPEG-2, MPEG-3 (MP3)
AIFF
AAC, AC3
FLAC
HE-AAC
WMA
Dari sekian itu, yang mungkin bisa diputar di smartTV Anda hanya, MPEG, MPEG-2, MP3, AC3, AAC, sisanya hanya bisa diputar di komputer / laptop Anda.

Sedangkan encoding video yang umum adalah :
AVI
MP4
XVID
H.264 / X.264
H.265 / X.265
FFMpeg
DIVX
MPEG

Sama seperti di atas, yang bisa diputar di smartTV Anda, mungkin hanya AVI, MP4, H.264 dan MPEG. Sisanya hanya bisa diputar di komputer / laptop. Untuk itu, sangat saya sarankan, baca manual TV Anda. Karena tiap pabrikan punya fitur yang berbeda dengan pabrikan lain. Seriusan, baca dulu manualnya, daripada Anda pusing tiap kali mau mengunduh file dari internet. Lebih menghemat waktu, dan lebih sayang emak Anda.

Nah, dalam 1 container, bisa dicampur, file video berupa H.264, file audio berupa AAC. Suka-suka ripper mau pake yang mana. Maka dari itu, periksa data teknis setiap file yang mau Anda unduh. Kalau sudah terunduh, waktu Anda play, suara tidak keluar, berarti encodingnya tidak disupport. Silahkan download yang lain (buang waktu lagi kan? Padahal bisa baca sebentar)

Jika Anda ingin memutar di laptop Anda, saat ini software yang paling mumpuni adalah Mega Codec Lite Pack (MPC Player) yang bisa memutar semua jenis file video dan audio. Langkah berikutnya, Anda tinggal membeli kabel HDMI sepanjang 3 meter, sambungkan laptop Anda dengan TV Anda, voila, semua video bisa Anda tonton.
Atau Anda bisa membeli gadget lain untuk menyambung laptop dengan TV.

RESOLUSI
Resolusi dari video ada bermacam-macam. Ada 1080p, 720p dan 576p yang saat ini sangat banyak dijumpai di internet. 1080p, artinya file video tersebut beresolusi High Definition, dengan lebar 1920 pixel dan tinggi 1080 pixel. Resolusi 720p, berarti memiliki resolusi 1280 pixel x 720 pixel. Sementara 576 pixel untuk video format lama yang bisa diputar di layar tabung. Semakin tinggi resolusinya, semakin jernih gambar yang ditampilkan, umumnya seperti itu, dengan asumsi codec yang digunakan sama. Misal, sama-sama menggunakan codec x.264, file 1080p lebih bagus daripada file 720p. Ingat pula bahwa resolusi dan media yang Anda gunakan juga berpengaruh. TV yang sudah support file HD jelas akan lebih bagus gambarnya daripada yang belum support file HD.

KODE RIPPER
Kode ripper yang Anda lihat dengan tulisan ETRG, eztv, ShaAniG dan lain-lain itu tidak diatur oleh satu badan. Tapi sesuka hati para ripper menjuluki dirinya sendiri, supaya mudah dikenali. Kalau di Indonesia, yang paling dikenal adalah Ganool. Biasanya nama bisa jadi sebuah patokan kualitas gambar dan suara.

Saya pribadi suka mengunduh file dengan kode JYK, ShaAniG, Ozlem, atau PublicHD dan Amiable. Kalo terpaksa baru Yify atau RARBG. JYK, ShaAniG, ETRG dan Ozlem filenya seringkali berukuran kecil (> 2 GB) dengan gambar yang bagus, dan suara yang cukup bagus. Sementara untuk PublicHD dan Amiable, file berukuran super besar (sampai dengan 40GB). Yify paling ekonomis diantara semuanya, lalu RARBG, seringkali audionya kurang bagus. Tapi gambar sudah oke.

KODE FORMAT HASIL RIPPING
Nah, seringkali disinilah letak kebingungan para pengunduh. Saya mesti unduh yang mana sih? kok ada HDTS, ada DVDRip, dan macem-macem lagi?

TS adalah singkatan dari Telesync. Sebuah kode yang menunjukkan bahwa ripping dilakukan di gedung bioskop, dan audio diambil dari colokan audio di ruang kamera. Entah bagaimana caranya. Hasilnya? JUELEK POL MINTA AMPUN MAMAK. Mana ada bayangan orang sliweran di depan layar, dan kadang ada kepulan asap rokok. Beneran ini.
HDTS, TS dengan sedikit peningkatan. Sama aja boong.

DVDRip, ripping dari sumber DVD yang sudah rilis di luar negeri. Ingat itu, rippingnya dari luar negeri! Jarang ripping dilakukan di Indo. Jadi jangan asal nuduh Indonesia tukang bajak. Kampret sok tau aja.

HDRip, rippingnya diambil dari sumber file yang sudah berkualitas HD, biasanya HD TV, yaitu tayangan televisi yang sudah High Definition. Caranya? Ga tau, coba google aja.
WEB-DL, ripping berasal tayangan film berbasis Web, seperti Netflix, Hulu dan lain-lain. Biasanya kualitas sudah bagus baik video maupun audio. Tapi jarang audionya berformat DTS, 5.1 Surround atau yang canggih-canggih lainnya.

BR-Rip, BD-Rip. nah ini, puncak dari semua ripping. Diambil langsung dari BluRay Disc, yang videonya jernih banget, dan audionya sering dalam format DTS, Surround, 5.1 dan lain-lain. Jika kuota lagi banyak, ambil yang ini nih. Pasti puas. yang lain mah lewat.

Ok, sekian dulu dan seperti doc saya sebelumnya, doc ini akan ditambahkan dengan penjelasan lain, kalau ada waktu dan sedang ingat.
Btw, klo anda butuh jasa download bisa dateng kesini, super murah!

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Alternatif IDFL

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri