Apa Yang Dimaksud dgn Tim satelit & Tim Pabrikan dan perbedaannya


Tim dalam MotoGP terbagi 2, Yaitu Pabrikan Dan Satelit

Nah tim pabrikan bisa disebut sebagai tim utama sementara tim satelit adalah anaknya tim utama. Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki masuk ke dalam tim pabrikan sementara tim Gresini, LCR dan Pramac adalah contoh tim satelit. Banyak perbedaan di antara tim pabrikan dan tim satelit. Yang paling menonjol adalah soal dana.

Baca juga: Dovizioso vs Marquez Last Lap Battles

Tim pabrikan selalu habis-habisan dalam pengeluaran dana demi pengembangan motor atau rekrutmen pembalap karena ada sponsor besar di belakangnya. Berbeda dengan tim satelit yang punya dana terbatas karena tak di sokong sponsor besar dan hanya mengandalkan bantuan dari tim utama.

Baca juga: Tim Pabrikan vs Tim Satelite

Dengan kondisi seperti ini, tim satelit yang ingin tetap turun dalam arena MotoGP harus bekerja keras berpikir bagaimana mengembangkan motor dan mendapat rider pilihan dalam dana terbatas. Biasanya tim satelit cenderung mengorbankan keputusan untuk mencari rider pilihan sendiri dan “terpaksa” menerima rider titipan sponsor atau titipan dari tim pabrikan.

Sebaliknya dari pihak rider, membalap atas nama tim satelit bisa menjadi batu loncatan untuk bergabung di tim pabrikan. Dengan catatan rider tersebut pantas untuk dilirik. Hal ini telah terjadi pada Ben Spies yang naik kelas dari Yamaha Tech 3 ke Fiat Yamaha.

Comments

Popular posts from this blog

Alamat Alternatif IDFL

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri